Jumat, 19 Agustus 2016

LAPORAN PSG MULTIMEDIA SMK PGRI 2 BADUNG





Kegiatan Praktek Industri di
ALOKA BALI
(Periode II)
................................................................................................

 
Minggu Pertama (Tanggal 04 Juli – 09 Juli 2016)
  • Kegiatan yang saya lakukan pada minggu pertama, saya mengedit foto pre wedding di photoshop dengan cara :
1.     Buka Photoshop 
2.     Lalu drag foto yang akan diedit ke photoshop
3.     Kemudian pada menu pilih image -> adjustment -> level -> atur
4.     Pada layer background klik kanan -> duplicate layer.. / klik ctrl+T -> ok -> add      vector mask/masking
5.     Lalu edit menggunakan dodge tool (atur antara shadows, midtones, highlights (gunanya untuk mencerahkan bagian-bagian yang gelap)
6.     Jika sudah klik kanan pada layer background -> merge visible
7.     Kemudian klik kanan lagi pada background ->duplicate -> pada menu pilih filter -> blur -> gaussian blur -> o,1 -> ok
8.     Lalu masking -> klik shift+F5 -> (atur  black, normal, 100 -> ok
9.     Kemudian pada tool pilih brush
10.   Dan usapkan pada bagian-bagian yang ingi di brush (gunanya untuk mempertajam warna/memperjelas warna pakaian atau perhiasan agar tampak seperti aslinya.
11.   Jika sudah, klik kanan pada background -> merge visible
12.   Lalu, duplicate lagi pada layer background 
13.  Kemudian pilih gradient tool (untuk membuat bayangan-bayangan pada background) 

  • Dan juga melakukan kegiatan melipat kartu undangan sebanyak 400 buah kartu undangan. Dan pada hari sabtu saya melaksanakan kegiatan di sekolah.


Minggu Kedua (Tanggal 11 Juli – 16 Juli 2016)
  • Kegiatan yang saya lakukan pada minggu kedua yaitu saya, mengedit photo dalam acara 3 bulanan di photoshop yaitu dengan cara :
                                  1.     Buka photoshop
                                  2.     Drag photo yang akan di edit ke photoshop
                                  3.     Lalu, ubah warna, pilih image -> adjustment -> klik level dan atur
                                  4.     Dan dapat juga menggunakan curves
                                  5.    Setelah itu, dapat pula membuat efek-efek dengan memilih gradient tool

             Photo yang diedit untuk acara 3 bulanan ini sebanyak 112 photo, jadi saya dapat mengambil sekitar 3 hari untuk mengeditnya selain itu proses komputer agak lambat
  • Dan juga “Mengedit dan mencetak foto 4R” dengan cara mengedit menggunakan level atau curves setelah itu potong dengan ukuran width=10 cm, height=15 cm dan r=300 lalu tinggal print. Dan pada hari sabtu saya melaksanakan kegiatan di sekolah.

Minggu Ketiga (Tanggal 18 Juli – 23 Juli 2016)
  • Kegiatan yang saya lakukan pada minggu ketiga yaitu saya, membuat desain logo di photoshop : Pertama cari dahulu gambar anjing tampak depan dan tampak samping dan juga mencari gambar pita berwarna merah di internet.. Lalu untuk ukuran di photoshop yaitu A4.  Dan untuk letaknya gambar anjing tampak depan dan samping itu saling bertolak arah, kemudian gambar pita berada di tengah-tengah dengan berisi tulisan “Erik Tegal” “Kennel” dengan tulisan tegak bersambung.
  • Selanjutnya, membuat desain undangan di photoshop, dengan menambahkan hiasan vector pada background dan tampilan tulisan. Dan pada hari sabtu saya melaksanakan kegiatan di sekolah.

Minggu Keempat (Tanggal 25 Juli – 30 Juli 2016)
  • Kegiatan yang saya lakukan pada minggu keempat yaitu, saya membuat desain logo di photoshop dengan membuat logo huruf “R” dan dibawahnya berisi nama “Risna”.
  • Dan juga ng’burn cd menggunakan Nero StarSmart Essentials, dengan cara :
    1. masukan cd ke laptop
    2. buka Nero StarSmart Essentials
    3. kemudian, klik Make data dvd
    4. setelah itu, klik add -> cari video yang akan di burn ->
    5. lalu, klik next -> ganti nama di "disc name" -> burn
    6. dan tunggu beberapa menit
    7. setelah selesai, cd yang sudah dimasuki akan keluar sendiri
  • Selanjutnya mengetik di photoshop dengan judul “ Menjumlah dengan satu kali menyimpan” dengan merubah warna tulisan agar menarik.
  • Untuk hari jumat saya melaksanakan kegiatan di sekolah yaitu kegiatan jalan santai untuk menyambut HUT SMK PGRI 2 BADUNG
  • Dan pada hari sabtu saya kembali melaksanakan kegiatan di sekolah.

Minggu Kelima (Tanggal 01 Agustus – 06 Agustus 2016)

  • Pada hari senin tanggal 01 Agustus 2016 saya ke sekolah dalam acara HUT SMK PGRI 2 BADUNG
            Keesokannya saya kembali ke industry dengan membuat desain spanduk di photoshop dengan cara :
          
                      1.   Buka photoshop
2                    2. ukuran 50x200 cm dan resolution=72 ,
                      3.  lalu pada menu pilih image ->image rotation -> klik 90 CW,
                      4.  kemudian untuk background isi dengan warna biru langit, juga tambahkan beberapa desain
                      5.   Dan pada sisi kiri berisi logo
                      6.  Kemudian sisi kanan isi tulisan “Hari Anak Nasional…”
  • Setelah itu membuat papan nama di photoshop,  dengan ukuran A3, dengan cara mengisi warna biru pada background dan untuk logo taruh diatasnya,  dan dibawahnya berisi tulisan “Paud Widya Dharma Sastra, Denpasar Utara”
  •  Dan pada hari sabtu saya kembali melaksanakan kegiatan di sekolah.

Minggu Keenam (Tanggal 08 Agustus – 13 Agustus 2016)
  • Kegiatan yang saya lakukan pada minggu keempat yaitu, membuat desain brosur di photoshop, dengan ukuran A3. Brosur yang dibuat tentang kesehatan (untuk keterangannya sudah ada, tinggal mengetik di photoshop dan membuat beberapa desain dan menambahkan photo yang sudah disediakan.
  • Dan juga membuat desain spanduk di photoshop dengan ukuran 100x400 r=72, dengan memberi warna merah pada background , dan membuat tulisan " WARUNG BU IDA" di atasnya, dan pada bagian bawahnya berisi tulisan " penyediaan makanan..." jika sudah save.

    Dan pada hari sabtu saya kembali melaksanakan kegiatan di sekolah.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar